Kamis, 30 Mei 2013

Tumpeng Kue Ulang Tahunnya Indonesia !!

Kulinerplus
Tumpeng
Tumpeng adalah makanan khas yang biasa disajikan oleh masyarakat Jawa saat mengadakan perayaan hari besar keagamaan atau pada saat acara selamatan seperti acara syukuran, ulang tahun, peresmian akan sesuatu dan sebagainya.

Nasi tumpeng dicetak dengan anyaman bambu yang berbentuk kerucut. Nasi yang dimasak dapat berupa nasi putih biasa, nasi uduk atau yang lebih sering adalah nasi kuning. Wadah yang digunakan untuk menyajikan menu ini adalah tampah yang terbuat dari anyaman bambu dan diatasnya dialasi dengan lembaran daun pisang. Di sekeliling nasi dilengkapi dengan lauk khas nusantara, seperti urap, ayam goreng, semur daging, teri kacang, telur, tempe orek, perkedel kentang dan lain-lain.

Tumpeng berasal dari adat dan kepercayaan asli masyarakat Indonesia yang memuliakan gunung sebagai tempat bersemayam para dewa atau roh leluhur. Maka dari itu bentuk kerucut dimaksudkan untuk meniru bentuk gunung suci. Perayaan dimaksudkan sebagai wujud rasa syukur atas berlimpahnya panen dan segala berkah lainnya dari Yang Maha Kuasa. Karena memiliki nilai perayaan dan syukuran, hingga kini tumpeng sering kali berfungsi sebagai "kue ulang tahun versi Indonesia".

Lapar? Klik http://www.kulinerplus.com #search engine kuliner enak

Sumber : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar