Jumat, 10 Mei 2013

Coto Makassar "Khas Kota Daeng"

Halo capo-capo !!
Aga kareba ?
baji baji pasti semua na toh?

Hmmm,, pagi ini admin mau ngajak kalian berwisata kuliner ke Kota Makassar.
Ada kuliner apa aja sii di Kota ini ?? Yang admin mau bahas disini adalah penganan yang paling khas di Makassar, yaitu Coto Makassar

Coto Makassar

Coto Makassar atau biasa disebut Coto Mangkasara adalah makanan tradisional khas dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan.  Makanan ini terbuat dari jeroan (isi perut) sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Khasnya rasa kental Coto Makassar berasal dari ramuan rempahnya yang juga berfungsi sebagai penawar zat kolesterol yang terdapat dalam hati, babat, jantung, limpah dan sebagainya. Coto Makassar biasanya dihidangkan dalam mangkuk dan dimakan dengan ketupat dan "burasa".

Hidangan coto makassar ini tak terlepas pula dari tradisi peramuaanya yang secara khusus diolah dalam kuali tanah yang disebut korong butta atau uring butta dan dengan rampah patang pulo (40 macam rempah) yang terdiri dari kacang, kemiri, cengkeh, pala, foeli, sere yang ditumbuk halus, lengkuas, merica, bawang merah, bawang putih, jintan, ketumbar merah, ketumbar putih, jahe, laos, daun jeruk purut, daun salam, daun kunyit, daun bawang, daun seldri, daun prei, lombok merah, lombok hijau, gula talla, asam, kayu manis, garam, papaya muda untuk melembutkan daging, dan kapur untuk membersihkan jerohan.

Saat ini Coto Mangkasara sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia, mulai di warung pinggir jalan hingga restoran-restoran.

Buat kamu yang ingin makan coto makassar ini bisa mencari di link ini http://www.kulinerplus.com/list?longitude=0&latitude=0&query=coto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar