Selasa, 28 Mei 2013

Nasi Lengko, Sederhana Namun Nikmat

Happy Tuesday.. Yey !!
Menu sarapan kalian hari ini apa nih?
Masyarakat di daerah pantai utara (Cirebon, Indramayu, Brebes, Tegal dan sekitarnya) punya makanan khas namanya Nasi Lengko. Kuliner ini biasa disantap saat makan siang atau saat sarapan juga bisa :D

Sega lengko (Bahasa Jawa) atau Nasi Lengko merupakan makanan favorit dari masyarakat di daerah pantai utara. Makanan ini tergolong sangat sederhana, namun mempunyai cita rasa yang tidak kalah enak dari makanan lain yang ada di Indonesia. Dibalik kesederhanaannya, nasi lengko sarat akan protein dan serat serta rendah kalori karena bahan-bahan yang digunakan adalah 100% non-hewani.

Nasi Lengko
Nasi lengko terdiri dari nasi putih hangat, tempe goreng, tahu goreng, mentimun mentah, tauge yang sudah direbus, potongan daun kucai, bawang goreng, bumbu kacang, dan kecap manis. Umumnya kecap manis yang digunakan adalah kecap manis encer, bukan yang kental.
Mula-mula tempe dan tahu goreng dipotong-potong kecil dan diletakkan di atas sepiring nasi. Kemudian diatas nasi diberi mentimun yang sudah dicacah, tauge rebus, dan potongan daun kucai. Bumbu kacang disiram diatasnya, lalu diberi kecap secukupnya sampai kecoklatan dan di taburi bawang goreng.

Tidak ketinggalan pula kerupuk aci sebagai bahan pelengkap saat menyantap nasi ini. Sebagian orang suka melumuri kerupuk aci dengan kecap, sebelum mulai dimakan. Beberapa orang suka meminta nasi lengkonya diberi seujung sutil atau dua minyak yang dipakai untuk menggoreng tempe dan tahu. Untuk menambah selera makan, biasanya makanan ini disajikan pula dengan ditambah 5 atau 10 tusuk sate kambing yang disajikan secara terpisah di piring lain.


Sumber : Wikipedia

Lapar? Klik http://www.kulinerplus.com #search engine kuliner enak 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar